Pages

Wednesday, June 22, 2011

Kesehatan Kuku

Kuku adalah salah satu aset penunjang kecantikan. Sayangnya, bagian ini justru sering terlupakan untuk dirawat. Padahal, kuku yang sehat dan cantik akan memberi impresi awal bagi seluruh penampilan. Kuku juga menjadi indikator kesehatan tubuh. Beberapa jenis penyakit bisa dideteksi dari tampilan kuku.
Kita sering melakukan beberapa aktivitas yang membebani kuku, sehingga kuku cepat rusak. Kuku yang merupakan kulit keras atau keratin memang terlihat kuat, tapi sebenarnya gampang rusak.
Mudah patah, warna kusam atau keruh, dan tekstur kasar adalah beberapa ciri kuku tidak sehat. Tapi jangan kuatir, kuku yang sudah rusak pun bisa kembali sehat asal dirawat. Jika perawatan yang dilakukan tepat, kuku baru akan tumbuh lebih kuat.

Sesekali manjakan kuku Anda dengan perawatan manikur dan pedikur. Dengan perawatan tersebut, kuku Anda akan memperoleh nutrisi dan pemijatan yang baik untuk menstimulasi pertumbuhannya.

Tapi Anda pun bisa melakukan perawatan sendiri untuk mencegah kuku rapuh dan rusak. Jika dilakukan secara rutin, pasti kuku tangan dan kaki lebih berkilau.

• Jaga kebersihan kuku. Biasakan memotong kuku secara rutin supaya kuku tidak menyimpan kotoran. Gunakan pemotong kuku yang tajam, kemudian gunakan pengikir untuk menghaluskan ujungnya. Potonglah kuku dalam kondisi basah dan lembab.

• Kuku seperti kulit, membutuhkan pelembab agar tidak kering dan mudah patah. Jangan pernah lupa mengoleskan pelembab pada kutikula kuku setiap habis mandi. Ulangi lagi mengoleskan pelembab setelah mencuci tangan.

• Minyak zaitun yang kaya manfaat juga baik untuk kesehatan kuku. Gunakan minyak zaitun secara rutin untuk mencegah kerusakan dan menguatkan. Jika Anda punya cukup banyak waktu, rendam kuku dalam air hangat yang sudah dicampur minyak zaitun.

• Bahan lain yang mampu menjaga kesehatan kuku adala belimbing sayur dan cuka apel. Gosok-gosokkan belimbing sayur ke dasar kuku, diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air hangat. Bisa juga dengan merendam kuku ke dalam perasan belimbing sayur atau cuka apel yang dilarutkan ke dalam air hangat.

• Usai melakukan pekerjaan tangan yang berat, tangan dan kuku perlu disayang. Manfaatkan air perasan jeruk nipis dan madu untuk melembutkan kuku. Air jeruk nipis mengandung bahan yang membuat kuku lebih bercahaya.

• Kecantikan kuku juga berawal dari makanan yang kita konsumsi. Asupan makanan yang mengandung vitamin A, B kompleks, C, seng, kalsium, zat besi, dan sulfur secara rutin akan membantu menguatkan kuku. Bahan makanan yang mengandung unsure penting untuk kuku antara lain minyak ikan cod, wortel, kuning telur, buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan susu.


Ada beberapa hal yang harus dihindari jika Anda ingin kuku tangan lebih sehat.

• Hindari menggunakan kuku untuk membuka sesuatu yang keras, seperti tutup botol, kaleng, dan sebagainya.

• Hilangkan kebiasaan menggigit kuku. Kebiasaan ini akan membuat kuku mudah rusak dan rapuh. Selain itu, menggigit kuku bisa membuat kuku terlalu pendek sehingga mudah luka dan timbul infeksi.

• Jangan terlalu sering menggunakan pewarna kuku. Zat kimia di dalam pewarna tersebut akan membuat kuku menguning dan rapuh. Pengolesan aseton untuk membersihkan cat kuku juga akan membuat kuku kering. Jika Anda memakai pewarna kuku, jangan biarkan menempel di kuku lebih dari seminggu.

Sumber : VIVAnews

0 comments:

Post a Comment